PUNCAK TRIKORA

17 Feb 2011

UNCAK TRIKORA INFO PERJALNAN

SATU PEKAN SERU DI PAPUA (4)

Posted by Haris Irnawan | Posted in Informasi Komunitas, Lingkungan Hidup, Olah Raga, Umum | Posted on 15-03-2009-05-2008

Perjalanan Tiom ke Balingga (dari tanah merah)

Melanjutkan pengalaman ku dalam satu pekan seru di papua 3
Dalam perjalanan lanjutan dari tanah merah menuju balingga, rasanya lutut ini mau lepas, bagaimana tidak, jalan terus menurun dan sangat curam, disamping tebing. Bila tidak hati-hati, celakalah kita. Sedikitnya 2 kali saya kepeleset dan hampir jatuh.
kawan saya berjalan diatas jembatan kayu dengan samping kanan tebing,samping kiri jurang
jembatan rusak yang juga harus dilewati
sungai baliem yang merupakan sungai terbesar di WamenaPersis pukul 12.30 WIT, kami tiba di Balingga, yang sedang berupaya untuk mewujudkan pemekaran wilayah menjadi Kab. Puncak Trikora.

Berphoto dengan latar belakang Puncak Pegunungan bintang bertuliskan Selamat datang di Kab. Puncak Trikora
Perut sudah terasa sangat lapar, namun di Balingga tidak ada warung satupun yang menjual makanan berat/makanan ringan maupun minuman, sehingga untuk mengisi perut kita, kita harus memasak terlebih dahulu bahan makanan mentah yang kita bawa dari Wamena (apalagi camp Balingga sudah ditinggal oleh Tim sekitar 1 minggu). Saking terasa haus, akhirnya saya mencari drum penampungan air hujan untuk saya minum. Oh….ya setelah diukur kualitas air hujan didaerah Balingga ternyata sehat kok untuk diminum.

Sebagai akhir dari cerita perjalanan sepekan saya di Papua, saya menampilkan hasil rekam gambar yang sempat terabadikan, sayang beberapa video masih dalam proses editing, tapi bila ada kesempatan akan saya share juga kepada kawan pembaca.
Papua merupakan daerah yang sangat luar biasa, sumber daya alam yang melimpah, namun sangat disayangkan penduduk yang miskin masih terlalu banyak.  Siapa yang salah…?
Inilah wajah-wajah mereka.
 orang papua-1 orang papua-2
 orang papua-3  orang papua-4 Read the rest of this entry »

SATU PEKAN SERU DI PAPUA (6)

Posted by Haris Irnawan | Posted in Informasi Komunitas, Lingkungan Hidup, Olah Raga, Umum | Posted on 20-03-2009-05-2008

Brrrrrrrr….dingin

Melanjutkan cerita Satu Pekan Seru di Papua (5)
Lelah …..pasti, tapi senang juga pasti……..sangat tidak terpikir sebelumnya saya yang selama ini bekerja di belakang meja di depan laptop, akhirnya mampu menaklukkan ketinggian puncak pengunungan Bintang (dengan ketinggian sekitar hampir 3000-an meter di atas permukaan laut), meskipun bila dibadingkan dengan kawan-kawan lain yang pernah menapakan kaki di puncak jaya (4000-an meter lebih diatas permukaan laut) ini belum seberapanya.
Setelah kami mengisi perut kami yang tertahan lapar sejak pagi hari, beragam aktivitas dilakukan oleh kawan-kawan saya, ada yang hanya duduk-duduk untuk melakukan pelemasan otot setelah, menyiapkan air bersih untuk persediaan minum dan mandi untuk membersihkan badan dari kucuran keringat setelah perjalanan jauh tersebut.
Udara mulai terasa sangat dingin, suhu siang hari itu diperkirakan mencapai 17-18 derajat celcius. Menurut kawan-kawan saya malam hari udara akan lebih dingin mencapai 8-9 derajat celcius. (karena terlalu dingin, di dalam rumah pun kawan saya/pamungkas, memasang tenda).
Pamungkas di dalam rumah pun pasang tenda

SATU PEKAN SERU DI PAPUA (5)

Posted by Haris Irnawan | Posted in Informasi Komunitas, Lingkungan Hidup, Olah Raga, Umum | Posted on 17-03-2009-05-2008

Peradaban baru di Balingga

Meneruskan cerita Satu Pekan Seru di Papua 4.
Persis di lokasi proyek pembangunan rumah sehat Balingga (1 km menjelang camp) kami disambut hujan deras. Sekitar setengah jam kami menunggu hujan reda di tempat pemotongan kayu para pekerja rumah sehat yang juga menjadi paket program pembangunan KESRA ini. Program pembangunan rumah sehat dan PLTMH diharapkan dapat membangun lingkungan Balingga menjadi daerah yang memiliki peradaban baru yang lebih maju tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dimiliki warga masyarakatnya.
Bangunan rumah sehat yang akan diberi penerangan listrik dari PLTMH (1)     Bangunan rumah sehat yang akan diberi penerangan listrik dari PLTMH (2)
tampak depan rumah sehat Balingga     instalasi kabel di rumah sehat Balingga

SATU PEKAN SERU DI PAPUA (4)

Perjalanan Tiom ke Balingga (dari tanah merah)

Melanjutkan pengalaman ku dalam satu pekan seru di papua 3

SATU PEKAN SERU DI PAPUA (3)

Perjalanan Tiom ke Balingga (sampai tanah merah)

Melanjutkan pengalaman ku di Satu Pekan Seru di Papua (2).
Tiom di pagi hari kelihatan sangat cerah, meski kabut masih terlihat dilereng gunung nun jauh disana. Persiapan pemberangkatan kami lakukan dengan sedikit mengisi perut agar tidak kelaparan / ‘salatri’ di jalan. Satu gelas STMJ dan mie rebus setidaknya membuat perut kami sedikit terisi. Saya beranjak pergi ke warung yang tidak jauh dari camp tempat kami menginap untuk membeli air mineral sebagai bahan persiapan bila dijalan terasa haus dan panas. Ketika saya mau membayar, kaget juga rasanya karena 4 botol air mineral 1/4 liter harus saya bayar dengan uang 80 ribu rupiah. Barang-barang dan bahan makanan di Wamena dan Tiom memang dirasakan cukup mahal, karena aat transportasi yang ada untuk mengirimkannya masih menggunakan jalur udara. Semakin berat barang atau bahan makanan yang akan kita beli, semakin mahal pula harganya.
Kami semua bersiap berangkat ke Balingga dengan didampingi oleh 3 orang porter yang membawa sebagian barang bawaan kami. Sebelumnya seperti biasa kita berphoto untuk dokumetasi.

SATU PEKAN SERU DI PAPUA (2)

Posted by Haris Irnawan | Posted in Lingkungan Hidup, Olah Raga, Umum | Posted on 12-03-2009-05-2008

Perjalanan Wamena ke Tiom

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya (Satu Pekan Seru di Papua (1)).
Setelah melakukan pembicaraan dan koordinasi dengan tim, pada hari Sabtu (7/3) sekitar pukul 10.30 WIT, saya bersama 3 kawan Tim melanjutan perjalanan ke lokasi Proyek di Balingga sekalian membawa material proyek. Untuk sampai di Balingga, kami tidak dapat menggunakan kendaraan roda empat. Roda empat hanya bisa sampai di Tiom yang merupakan ibukota Kabupaten Lanny Jaya.
Kabupaten Lanny Jaya adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua yang luas wilayahnya sebesar 2.248 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 89.332 jiwa. Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua. Peresmian dilakukan oleh Mendagri Mardiyanto pada tanggal 21 Juni 2008. Jumlah kecamatan (atau orang setempat menyebutnya distrik) sebanyak 10 yaitu Balingga, Dimba, Gamelia, Kuyawage, Makki, Melagineri, Pirime, Poga, Tiom dan Tiomneri.